Salah satu mata kuliah yang memiliki nuansa budaya yang ada di Program Studi pendidikan Matematika IKIP Siliwangi ialah Etnomatematika. Etnomatematika merupakan salah satu wujud pembelajaran berbasis budaya dalam konteks matematika yang dapat dianalogikan sebagai objek untuk memandang dan memahami matematika sebagai suatu hasil budaya atau produk budaya.  Mata kuliah Etnomatematika ini diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik melalui konten matematika yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membantu mengkonstruksi suatu objek yang abstrak menjadi konkrit sesuai dengan karakteristik dan pemahaman peserta didik. Pada mata kuliah etnomatematika ini peseerta didik diharapkan mampu mengkaji manfaat mempelajari etnomatematika, pentingnya belajar etnomatematika, peran etnomatematikan dalam pembelajaran matematika, mengidentifikasi contoh etnomatematika, dan menemukan berbagai inovasi baru yang dapat dikategorikan sebagai etnomatematika. 

Mata kuliah Mathematical Entrepreneurship 3 adalah salah satu matakuliah khas program studi pendidikan matematika IKIP Siliwangi. Mata kuliah ini merupakah mata kuliah lanjutan dari Mathematical Entrepreneurship 1 dan Mathematical Entrepreneurship 2. Melalui mata kuliah ini, anda akan mendapatkan pengalaman dalam mendesain inovasi media pembelajaran daring. Terlebih pada saat pandemi seperti saat ini, pembelajaran daring dilakukan pada setiap jenjang sekolah. Mahasiswa calon guru matematika, harus mampu mendisain bahan ajar inovatif melalui pembelajaran daring, baik dalam segi pendekatan yang digunakan, bantuan software, dsb. Disain bahan ajar yang dirancang harus interaktif dan juga harus bisa dipelajari secara mandiri, selain itu bahan ajar daring yang disusun harus bersifat konstruktivisme. Setelah mempelajari modul mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mendisain media pembelajaran daring inovatif

Aplikasi TIK  merupakan alat bantu pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Oleh sebab itu, mahasiswa sebagai calon pendidik yang professional perlu mengenal dan mempelajari aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika  sebagai bekal pengetahuannya sebelum mengembangkan, memanfaatkan atau mengevaluasi suatu media pembelajaran. melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali untuk mampu memahami konsep dasar aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika, fungsi dan manfaat aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika, karakteristik aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika, jenis-jenis aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika, prinsip pemilihan dan penggunaan aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika, aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika sederhana, landasan teori aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika, evaluasi aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika, photography & videography, pengembangan aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika digital (kekinian). Pada mata kuliah ini mahasiswa diarahkan untuk mampu mengoperasikan/menggunakan berbagai aplikasi/flatform yang akan digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Seperti liveworksheet, geogebra, scratch, ed puzzle, quiziz, canva dan teknologi adaptif multiplayer